Titi Indah Larasati
Sebelum melaksanakan kegiatan pembelajaran di kelas, seorang guru harus memiliki perangkat pembelajaran agar kegiatan pembelajaran dapat terlaksana dengan baik dan terarah. Guru harus menentukan tujuan pembelajaran, capaian yang ingin diraih serta menentukan bagaimana kegiatan pembelajaran akan dilaksanakan. Dalam merancang pembelajaran, guru dapat menggunakan Prinsip Understanding by Design (UbD) yang dikemukakan oleh Grant Wiggins dan Jay McTighe. Prinsip UbD memberikan fokus yang mendalam dalam kegiatan pembelajaran bukan sekedar mengarahkan peserta didik untuk mengingat informasi.
Prinsip UbD berbeda dengan pendekatan konvensional yang menitikberatkan pada pemberian informasi dan fakta. Pendekatan prinsip UbD dalam rancangan pembelajaran berfokus pada tujuan pembelajaran yang ingin dicapai terlebih dahulu kemudian menentukan alat untuk mengukur ketercapaian pembelajaran, kemudian menyusun langkah atau cara mengajarkannya. Sehingga, prinsip UbD disebut juga sebagai perancangan mundur atau backward design.
Terdapat Tiga komponen utama dalam penerapan
prinsip UbD saat merancang kegiatan
belajar. Pertama, Menentukan Tujuan. Guru sebaiknya mengetahui terlebih dahulu kondisi masing-masing
peserta didik dan memperhatikan karakteristik lingkungan sekolah. Kemudian, guru dapat menyusun tujuan pembelajaran dengan
berdasarkan Capaian Pembelajaran (CP), menyusun tujuan pembelajaran disusun
dengan memperhatikan bukti yang dapat diukur (sebagai tolak ukur) sehingga
peserta didik dapat dinyatakan mencapai tujuan pembelajaran. Tujuan
pembelajaran sebaiknya memuat 2 komponen yakni, kompetensi yang ingin dicapai
dan lingkup materi.
Kedua, Menentukan
Assesmen atau pengumpulan
data. Terdapat tiga pendekatan assesmen yang perlu diterapkan oleh guru dalam
mengukur hasil belajar peserta didik.
Assessment for Learning(AfL) saat proses
pembelajaran berlangsung, untuk memperbaiki kualitas proses pembelajaran. Assessment as Learning(AaL)
saat proses belajar bisa dilakukan dengan penilaian teman sebaya, tujuannya
agar peserta didik mengetahui apa yang dapat dilakukan agar memperoleh capaian
pembelajaran maksimal. Assessment
of Learning(AoL) dilaksanakan setelah proses pembelajaran
untuk mengukur capaian belajar peserta didik. Ketiga, Menentukan
Kegiatan Pembelajaran. Guru mmempertimbangkan pendekatan yang sesuai,
sebaiknya berpusat pada peserta didik. Kemudian, guru mempersiapkan media
pembelajaran yang sesuai.
Dengan menerapkan prinsip UbD, kegiatan
pembelajaran diharapkan dapat terlaksana dengan baik. Guru dan peserta didik
dapat melaksanakan kegiatan pembelajaran dengan lebih bermakna, memicu pemahaman
yang mendalam bagi peserta didik, serta memungkinkan peserta didik dapat lebih
mengembangkan kemampuan dan pemecahan masalah.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar